Ini Dia Daftar Calon Mobil Terbaik di Dunia

Gambar
Mercedes-Benz SLS AMG
Jakarta - Dari sekian banyak mobil yang beredar di jalanan di seluruh dunia mobil apakah yang pantas dijuluki sebagai mobil terbaik? Kini gelar World Car of the Year 2011 sedang diperebutkan.

Seperti detikOto kutip dari situs resmi World Car of the Year, setiap tahun dunia otomotif global memilih mobil-mobil terbaik yang lahir. Kini ada empat kategori yang sedang diperebutkan yakni World Car of the Year, World Performance Car, World Green Car dan World Car Design of the Year.

Untuk World Car of the Year juri yang berprofesi sebagai jurnalis dan berasal dari berbagai belahan dunia mulai dari Asia, Eropa dan Amerika Utara berkumpul dan menentukan dari 39 mobil baru yang lahir diseluruh belahan dunia pada tahun lalu, terpilih 10 finalis yang kemudian disaring kembali menjadi 3 finalis teratas.

Ketiga finalis World Car of the Year tersebut antara lain Audi A8, BMW 5 Series dan Nissan LEAF. Untuk menjadi kandidat dari World Car of the Year ini mobil-mobil itu harus dapat memenuhi syarat yakni tersedia di setidaknya dua benua selama periode 1 Januari 2010 dan 30 Mei 2011.

Mobil-mobil kandidat ini dipilih oleh sebuah panel juri internasional yang terdiri dari 66 wartawan otomotif dari 24 negara di seluruh dunia. Setiap juri ditunjuk oleh World Car Steering Committee atas dasar keahlian, pengalaman, kredibilitas, dan pengaruh. Setiap juri biasanya mengendarai kendaraan baru dan mengevaluasi secara teratur sebagai bagian dari pekerjaan profesional mereka.

Selain World Car of the Year, semua juri ini juga memilih tiga kandidat teratas untuk World Performance Car 2011 yang diisi oleh para finalis yakni Ferrari 458 Italia, Mercedes-Benz SLS AMG dan Porsche 911 Turbo.

Di kategori ini, mobil-mobil sport itu harus menunjukan kualitas dan kekuatannya serta tersedia pula minimal di dua benua seperti halnya World Car of the Year dan diproduksi minimal 500 unit pertahun.

Sementara untuk kategori World Green Car 2011 terpilih  BMW 320d EfficientDynamics Edition, Chevrolet Volt dan Nissan LEAF sebagai finalis.

Dan untuk kategori World Car Design of the Year 2011 pemilihan lebih rumit lagi karena juga menyertakan ahli-ahli desain dari 5 negara antara lain Masatsugu Arimoto (Jepang), Silvia Baruffaldi (Italia), Gernot Bracht (Jerman), Sam Livingstone (Inggris) dan Tom Matano (USA).

Juri-juri ini kemudian memutuskan tiga besar mobil berdesain paling bagus adalah Alfa Romeo Giulietta, Aston Martin RAPIDE dan Ferrari Italia 458.

Rencananya pemenang dari kategori-kategori itu akan segera diumumkan di ajang New York International Auto Show yang diselenggarakan pada 21 April 2011.

Syubhan Akib - detikOto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com