Melindungi Komputer dari Virus Flashdisk dengan No Autorun

Salah satu media penyebar virus adalah flashdisk. Kejadian yang sering terjadi adalah komputer kita kemasukan virus pada saat kita mencolokkan flashdisk yang kebetulan ada virus di dalamnya. Jika kita memiliki antivirus yang selalu terupdate, tentunya keamanan akan relatif lebih terjamin, mengingat virus-virus itu sendiri juga selalu berkembang.
Salah satu cara penyebaran virus melalui flashdisk adalah melalui program autorun yang ada dalam flashdisk itu sendiri, jadi saat flashdisk dipasang otomatis program autorun langsung berjalan, pada saat inilah program virus juga ikut berjalan. Dengan melihat cara kerja tersebut, maka cara paling aman adalah mencegah berjalannya program autorun yang ada dalam flashdisk tersebut.
Untuk membantu menghentikan program autorun dalam flashdisk tersebut, berikut ada sebuah program gratisan yang berfungsi mengunci file-file autorun di dalam flashdisk, sehingga file program autorun tidak bisa berjalan. Program proteksi tersebut adalah No Autorun.
No Autorun secara otomatis akan mengunci file-file autorun yang dicurigai sebagai virus dalam flashdisk yang digunakan. Jika kita ingin menghapus file-file yang dicurigai sebagai virus (dan kita yakin file tersebut adalah virus), kita dapat menghapusnya melalui panel utama No Autorun atau memasukan ke Quarantine Zone (dapat diakses melalui menu Main Window atau Quarantine Zone pada ikon No Autorun di system tray).
Main Window
Quarantine Zone
Selain melindungi komputer dari penyebaran virus melalui flashdisk, No Autorun juga bisa berfungsi sebaliknya, yaitu melindungi flashdisk dari komputer yang terinfeksi virus. Cara melindungi flashdisk adalah dengan mengaktifkan USB Disk Soft Write Protect. Dengan mengaktifkan USB Disk Soft Write Protect maka otomatis flashdisk hanya bisa dibaca isinya saja tapi tidak dapat digunakan untuk menyimpan (read only).
Demikian temen-temen informasi singkat tentang alternatif cara menjaga keamanan komputer dari virus, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Aplikasi No Autorun dapat didownload di Freeware dan Software Download.

http://ariawijaya.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com