Tips Cara Cepat Mengakses Program dan File dalam Komputer

Seberapa sering kita mengakses sebuah program, folder, atau file dalam komputer dalam satu hari atau setiap kali kita menggunakan komputer? Program Microsoft Word, folder My Documents, atau browser Firefox misalnya. Saya sendiri setiap kali menggunakan komputer bisa berkali kali mengakses sebuah program, dengan mengklik ikon Firefox, Microsoft Word baik dari desktop atau quick launch.
Selain mengklik ikon program atau file yang bersangkutan melalui desktop menggunakan mouse, ada cara cepat lain yang bisa kita jadikan alternatif dalam mengakses program dan file tersebut, yaitu menggunakan keyboard. Dengan menekan kombinasi tombol tertentu, otomatis program, folder, atau file yang kita inginkan langsung terbuka.
Untuk membuat kombinasi tombol (shortcut) keyboard kita bisa menggunakan program gratisan HotKeyz. Fungsi utama dari HotKeyz ini adalah membuat shortcut tertentu yang bisa kita akses langsung melalui keyboard.
Secara default, Hotkeyz sudah menentukan beberapa shortcut keyboard untuk program tertentu. Shortcut ini bisa kita nonaktifkan atau kita hapus, perhatikan untuk masing-masing shortcut yang telah ada, jika ada shortcut yang sama dengan shortcut lain yang biasa kita pakai bisa kita ganti (sebagai contoh, dalam Photoshop ada shortcut CTRL + SHIFT + ALT + S yang berfungsi untuk menyimpan gambar untuk web (save for web), sedangkan dalam Hotkeyz ini sendiri berfungsi sebagai perintah Shutdown).
Untuk membuat shortcut baru bisa kita lakukan melalui ikon New, kemudian kita isi form new shortcut-nya. Description bisa kita isi dengan nama programnya, sedangkan untuk Command adalah perintah untuk menjalankan program tertentu kaitannya dengan shortcut yang akan kita buat. Untuk lebih mudah bisa kita klik ikon Click dan pilih Select program, document or file, seperti dalam contoh saya memilih shortcut untuk menjalankan Microsoft Word.
Selanjutnya kita bisa memasukan shortcut yang kita buat dalam kategori tertentu (Category) yang sudah ada atau bisa juga kita buat kategori baru.
Untuk membuat shortcut-nya sendiri bisa kita lakukan dengan mengklik kolom Hotkey dan mengklik tombol-tombol keyboard yang ingin kita jadikan shortcut, dalam contoh saya klik tombol SHIFT + CTRL + W, jika sudah klik Ok.
Sekarang saya punya shortcut baru, untuk menjalankan Microsoft Word cukup dengan menekan tombol SHIFT + CTRL + W bersamaan, tidak perlu lagi mengklik ikon Microsoft Word pada desktop dengan mouse.
Program Hotkeyz ini bisa kita buat berjalan otomatis saat startup Windows dengan mengaktifkan Add HotKeyz to Windows startup pada menu Settings. Otomatis saat kita menjalankan Windows, HotKeyz akan aktif dan ikonnya akan muncul pada system tray.
Demikian temen-temen tips sederhana tentang cara membuat shortcut keyboard dengan HotKeyz, semoga kerja kita dengan komputer bisa lebih efektif. Program HotKeyz ini bisa didownload gratis di Freeware.

http://ariawijaya.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com